Tuesday, July 16, 2019

CARA KIRIM RESENSI KE HARIAN KABAR MADURA



Di beberapa media saat ini, baik di media cetak atau online, mulai banyak bermunculan nama-nama kontributor baru yang menyumbangkan kontribusinya terhadap media, kami ucapkan semangat. Sebab, telah ikut serta berkontribusi dalam menyalurkan keilmuannya terhadap media, terutama -dan ini pasti sangat membantu- terhadap dunia pendidikan. Salahsatunya adalah RESENSI.

Menulis resensi -seperti ditulis Ustad Habibullah Salman, guru di SMA Annuqayah- merupakan sebuah pembacaan kita pada buku yang kita miliki. Sering saya disuguhkan pertanyaan-pertanyaan oleh sahabat-sahabat saat saya di pesantren Annuqayah dulu: bagaimana agar ketika membaca buku bisa memahami dan mudah diingat?

Secara personal saya mengalami gejala seperti yang ditanyakan sahabat-sahabat kepada saya: susah memahami buku, apalagi sampai mengingatnya, saat awal belajar mencintai buku.

Ternyata, untuk bisa mengingat buku dan -barangkali- bisa mengingat pesan moral dari isinya -hemat saya- MERESENSI: Meresensi membantu kita memahami isi buku dan mengingatnya. Tidak yakin? Coba saja.

Ok. Sahabat-sahabat yang sudah siap mau menyumbangkan tulisannya ke media Harian Kabar Madura, berikut caranya:
1. Tulis alamat email Kabar Madura (kabarsastrabudaya@gmail.com)
2. Isi pada kolom sabjek: RESENSI_JUDUL RESENSI.
3. Isi surat pengantar dengan bahasa yang baik untuk memikat redaksi sehingga tukisan anda dapat dimuat.
4. Sertakan pula kutipan halaman bukunya.
5. Naskah RESENSINYA lampirkan. Jangan ditulis di papan email.
Contoh Surat Pengantat Simpel di Badan Email



Biasanya, ada sebagian media yang menyarankan menyertakan foto KTP dan -ini tentu ada, hehe- cover buku terkait. Namun, sepengalaman saya, di Kabar Madura, cukup menyertakan foto cover bukunya saja. Semoga artikel ini membantu (*).

Kalau ada pertanyaan silakan ajukan di laman komentar.