Saturday, June 15, 2019

IJTIHAD PENDIDIKAN PESANTREN



Buku Akar Sejarah Etika Pesantren buku bagus ditulis oleh seorang budayawan, bernama Aguk Irawan MN. Buku ini cocok dibaca, karena di dalamnya menyuguhkan beberapa panduan tentang strategi dakwah perspektif pesantren yang baik. Selamat membaca.


Judul : Akar Sejarah Etika Pesantren di Nusantara
Penulis: Aguk Irawan MN
Penerbit: Pustaka IIMaN
Tahun terbit: 2018
Tebal: 462 halaman.
ISBN: 978-602-8648-29-5
Peresensi: Ashimuddin Musa*


Buku ini menarik sekali, karena di dalamnya mampu mengulas berbagai hal tentang arti penting dan strategi dakwah yang substansial sebagaimana dipraktekkan oleh Rasulullah.

Adalah menjadi penting pula dimiliki dan dibaca oleh semua kalangan, wabil khusus mereka yang menekuni dakwah saat ini bagaimana bisa mengimplementasikan nilai-nilai luhur (ma'ruf) bukan dengan cara kasar (mungkar), buku ini menyajikan informasi penting sebagai panduan.

Hal yang penting pula agar misi utama Islam dapat tersampaikan, para juru dakwah hendaknya terlebih dahulu mengetahui bahwa Nabi Muhammad Saw dalam berdakwah tidak dengan cara kekerasan. Tugas nabi dalam implementasi dakwah pun tidak dengan paksaan, sebab itu berada pada wewenang Tuhan, tetapi dia hanya menyampaikan apa saja yang diperintahkan Allah SWT kepada umatnya.

Maka, hal seperti itulah dakwah yang kemudian dipromosikan oleh para pendakwah awal di Indonesia, dengan menginternalisasikan nilai-nilai luhur tanpa harus memberengus budaya lokal, apalagi menghakiminya dengan syirik dan bid'ah. Oleh sebab itu, mari berislam dengan cara mengayomi, bukan dengan Islam yang membenci.

Selamat membaca resensi saya di Radar Madura Edisi Sabtu, 25 2019.