Saturday, June 1, 2019

Refleksi pagi di Bulan Suci

Setiap individu pasti membutuhkan uang. Tetapi, kebutuhan ini hanya sebatas sementara saja. Uang hanya digunakan untuk pemenuhan agar dapat bertahan hidup.

Tujuan yang sesungguhnya adalah Allah, bukan uang itu sendiri. Kita berusaha karena ada tanggungjawab yang harus dipenuhi sebagai hamba.

Bahwa hamba memiliki amanah menjalankan perintah Allah dengan sebaik-baiknya. Ini dinamakan hubungan hamba dengan Tuhannya (vertikal).

Selain itu, ada amanah yang harus dijalankan secara proporsional oleh hamba, yaitu hubungan antar sesama kaum beriman (horizontal).

Semua itu, adalah termasuk amanah yang urgen agar diberikan perhatian lebih oleh setiap insan. Adalah menjadi kurang seimbang ibadah kita yang hanya memandang bahwa ibadah hanyalah sebatas salat, puasa dan sejenisnya tanpa meresapi betul substasinya.

Substansi di sini adalah nilai-nilai substantif di dalamnya. Seperti yang saya kutip dalam harian Radar Madura, bahwa, selain kita ada tanggung jawab untuk beribadah kepada Allah SWT, seorang hamba memiliki boban moral untuk diberikan tempat secara proporsional.