Friday, April 13, 2018

ANDALUSIA DAN KITA

Dlm sejarah ANDALUSIA, diceritakan beberapa kisah yang menggambarkan perjuangan muslim dlm membela negara dan Islam. Mereka merupakan pelaku sejarah yang berperan penting dalam proses Islamisasi. Tidak hanya dalam kepentingan pribadi dan kekuasaan, perjuangan mereka didasarkan pada iman dan takwa.

Setelah umat Islam bersatu dan kejayaan Islam mulai berada di tangan umat Islam, kaum muslimin mulai dihadapkan pada fitnah yang besar, kaum muslimin yang rakus kekuasaan melakukan beberapa cara untuk meraih kursi jabatan tertinggi negara. Mereka yang demikiyan inilah adalah penguasa yang rakus kekuasaan, hatinya telah kotor dan berubah pada kesesatan.

Dalam sejarahnya, para pemberontak yang rakus kekuasaan memerangi saudaranya sendiri. Darah mengalir di mana-mana, sehingga keadaan ini dimanfaatkan oleh pihak musuh, kalangan Kristen.

Akhirnya, kalangan Kristen melakukan penyerangan di saat umat Islam sudah tidak bersatu lagi, dan kekalahan pun mulai ia rasakan. Inilah pelajaran yg harus mereka ambil, bahwa berpegang teguh pada panji Islam dan bersatu membela Islam, akan menyulitkan pihak musuh menyerang kita.

ANDALUSIA akhirnya runtuh dan banyak umat Islam ditawan. Dan keadaan ini merespon para ulama menyerukan akan urgensinya menjunjungtinggi persatuan. Awalnya umat ini tidak segera bersatu, karena itu mengecewakan para ulama kala itu.

Namun, Allah Swt. Telah menakdirkan bahwa bumi ini harus bersih dari kepercayaan-kepercayaan kotor seperti yang diajarkan kalangan Kristen, hingga pada akhirnya, datanglah penguasa masyhur dari negara Maghribi yang alim dan adil. Dan sejak itu, kekuatan Islam mulai disusun dan seluruh umat Islam bersatu, dinasti-dinasti kecil bersedia berada di bawahnya.

Hikmahnya, bila kita bersatu dalam satu barisan, dan berada dalam naungan Islam, serta hati kita telah bersih dengan kekuatan iman dan takwa, maka umat Islam akan kuat.