Thursday, June 20, 2019

MASJID BAITUSSALAM SEBELUM DIRENOVASI

MASJID BAITUSSALAM
Ketika Nabi Saw mulai membangun sebuah peradaban baru di Madinah, pertama yang dilakukan Nabi Muhammad Saw adalah membangun Masjid. Baru setelah itu membangun pasar.

Masjid didirikan sebagai wahana untuk menggerakkan gairah masyarakat Muslim yang ketika itu terdiri dari antara orang Madinah sendiri sebagai penduduk setempat (Kaum Anshar) dan orang Muslim yang hijrah bersama Nabi Muhammad Saw ke Madinah (Muhajirin), yang ketika itu berhasil membentuk sebuah komunitas baru menjunjung tinggi nilai-nilai luhur yaitu persaudaraan antar muslim.

Setelah membentuk menjadi satu kesatuan sebagai bangsa yang satu yaitu komunitas muslim (ukhuwah islamiah), maka sudah tidak berlaku lagi di antara mereka sebuah perbedaan sisi, sistem klasifikasi kelas. Semuanya sama. Yang berbeda di antara mereka adalah ketakwaannya.

Nabi membangun Masjid bukan sekadar menyiapkan untuk tempat shalat, karena seluruh persada bumi telah dijadikan Allah SWT buat kaum muslimin sebagai arena untuk shalat dan mengabdi kepada-Nya. Sekali lagi bukan sekadar untuk itu, tetapi untuk menjadi pusat kegiatan umat Islam.

Karena itu, signifikansi masjid sangat besar. Sejak saat itu, kaum muslimin sudah bisa mengetahui lebih jauh seputar Islam dan pengamalannya melalui majlis ta'lim yang ditempatkan di masjid, serta mulai bergerak kearah tujuan yang signifikan melalui proses diskusi atau musyawarah guna menyampaikan problem umat, arena latihan bela negara dan pengobatan kaum muslimin, bahkan menjadi tempat tahanan.

Umat Islam harus benar-benar bisa menghayati semua itu. Ketika hadir ke masjid, seperti ketika hadir berjemaah, coba hadirkan hatinya, guna merenungi perjuangan Baginda Rasulullah Saw ketika berdakwah. Semoga dengan siklus menghadirkan perjuangan Baginda Rasulullah kita bisa mendapatkan syafaatnya.


MASJID BAITUSSALAM, Prang Alas Daerah Pakamban Daya Sumenep membutuhkan bantuan kaum muslimin, yang sebentar lagi akan direnovasi. Salurkan bantuan anda ke Thang Nyamah Umam di rekening no: 10, ekowah.

Foto Masjid BAITUSSALAM desa Prang Alas Pakamban Daya Pragaan Sumenep Jawatimur